Misi

1. Mengembangkan keilmuan dan keterampilan professi bidang perpustakaan, kearsipan, dan dokumentasi.
2. Meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa dalam bidang sistem pelayanan informasi.
3. Meningkatkan sarana dan prasarana akademik.
4. Menjalin kerjasama keilmuan dan kemitraan professi bidang perpustakaan, arsip dan dokumentasi dengan instansi/lembaga yang relevan dengan bidang keilmuan PAD.
5. Menyiapkan tenaga siap pakai untuk dunia kerja yang relevan

Kamis, 12 Februari 2009

Hari Jadi ke-10 PAD


PADANG, METRO -- Memperingati hari jadinya ke 10 Program DIII, Jurusan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) Fakultas Imu Budaya - Adab IAIN Imam Bonjol Padang menggelar Pameran dan gerakan penghijauan di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya-Adab.
Pameran foto, dokumentasi, seni dan kaligrafi serta penanaman beberapa pohon di sekitar fakultas tersebut, merupakan merupakan hasil karya dan perjalanan selama sepuluh tahun jurusan tersebut. “Momen ini merupakan ajang kreasi dan dan evaluasi, terhadap sepuluh tahun perjalanan jurusan PAD yang kian mendapat tempat di bidangnya,” ungkap Dekan Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN IB Padang Drs Irhas Ashamad M Hum kepada POSMETRO ketika pembukaan Pameran dan penanaman pohon di Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN IB Padang, Kamis (7/8).

Irhas mengatakan, perkembangan jurusan PAD Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN IB dalam kancah pendidikan kususnya di Perguruan Tinggi serta peluang kerja yang menjanjikan tidak terlepas dari bentuk pengolaan yang serius dari seluruh citivitas akademika yang ada. Jurusan PAD yang dulunya DII kemudian dikembangkan menjadi DIII. Alumninya tersebar diberbagai Instansi Pemerintah dan Swasta yang terkait di bidangnya. Setelah sukses melakukan pengembangan pada jurusan PAD pada tahun tahun ajaran 2008-2009 Fakultas Ilmu Budaya-Adab membuka program S1 Jurusan Imformasi dan Perpustakaan. “Untuk tahun ini jurusan tersebut masih dibuka bagi mahasiswa transfer DIII. Setelah izin pendirian jurusan dikeluarkan Insya Allah tahun ajaran 2009-2010 sudah menerima mahasiswa baru, begitu juga Jurusan Seni dan kaligrafi Islam,” katanya.

Pameran dan pengijauan tersebut, dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I IAIN IB Padang Prof Dr H syafrudin Nurdin MPd ditandai dengan pengguntingan pita dan penanaman pohon pertama yang disaksikan oleh segenap citivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya - Adab. Jurusan PAD yang yang terdiri dari dua Progaram Studi (Prodi) tersebut, masing-masing Prodi Perpustakaan dan Arsip/Dokumentasai.” Jurusan PAD tergolong langka untuk wilayah Sumatra Tengah cuma ada, di IAIN dan UNP. Di antara keduanya tersebut, PAD IAIN paling tua dan punya S1. Alumninya sangat dibutuhkan malahan kita kekurangan stok untuk memenuhi permintaan tenaga kerja,” tegas Ketua Jurusan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Drs Zul Karnaini M Ag.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar